www.guamaria.com
sumber informasi tentang gua Maria di Indonesia

Halaman utama    
Kamis, 21 Juli, 2005 15:33
Ziarah Gua Maria Karmel, Bandung
oleh Admin

Meskipun sudah sering mendengar tentang gua Maria Karmel di Bandung tetapi baru pada liburan sekolah Juli 2005, penulis berkesempatan untuk mendatanginya. Gua Maria Karmel terletak di daerah Lembang, Bandung, Jawa Barat, Lembang adalah daerah peristirahatan terkenal sejak jaman dahulu untuk warga Bandung. Lewat Lembang anda bisa dengan mudah mencapai dua tempat wisata paling terkenal di Bandung yaitu gunung Tangkuban Perahu dan pemandian air panas Sariater.

images1Akses ke Lembang sangat mudah, jika memakai kendaraan umum dari tengah kota Bandung bisa mengambil jurusan terminal Ledeng, dilanjutkan kendaraan umum ke Lembang. Jika memakai mobil dari jalan tol, keluar di Pasteur untuk masuk ke tengah kota, dan dari situ ambil jalan yang mengarah ke Lembang. Pada hari libur jalan ke arah Lembang biasanya macet cukup parah karena ini adalah jalur wisata, banyak terdapat hotel, rumah makan dan tempat-tempat rekreasi disepanjang jalannya. Jika dari Bandung kota, setelah masuk Lembang, sebelum pasar Lembang, ada hotel Pesona Bambu, dan disamping hotel itu ada jalan yang menuju gua Maria Karmel, juga terpampang papan namanya dimulut gang itu.

Pelataran parkirnya kecil, dan di Minggu sore itu karena mungkin ada perayaan misa di gerejanya maka tempat parkir cukup padat. Ada larangan untuk melakukan jalan salib jika misa sudah mulai hal ini untuk dimaksud untuk menjaga ketenangan selama misa berlangsung. Masuklah kesebelah kiri untuk memasuki area jalan salib atau bisa juga kekanan untuk ke gereja. Perhentian pertama, yaitu Yesus dihukum mati, dibuat istimewa, dioramanya memakai patung sebesar manusia lengkap dengan rumah buatannya, akan tetapi sayang kualitas patung-patungnya kurang memadai. Jarak antara perhentian-perhentian berikutnya tidak jauh melewati jalan-jalan yang melingkar-lingkar mengelilingi taman-taman yang indah. Meskipun begitu jalan aksesnya kurang besar sehingga jika ada rombongan dalam jumlah besar akan menghambat jalan, tetapi secara keseluruhan desain landskap lokasinya sangat indah dan mengesankan.

Dibagian tengah perhentian dekat perhentian ke 9 (mungkin? penulis lupa), ada perhentian yang tidak biasa, dan itu memang bukan dari bagian jalan salib. Perhentiannya dinamakan "Keluarga Hati Kudus", dengan diorama berbentuk rumah-rumahan yang didalamnya ada patung-patung Yesus, Maria dan Yosef. Perhentian ke 12, terletak di ketinggian dengan salib yang besar pula berpadu kontras sekali dengan latar belakang pemandangan pegunungan yang indah di belakangannya. Sementara perhentian terakhir benar-benar istimewa yang tidak penulis jumpai di gua Maria yang pernah penulis kunjungi. Perhentiannya sengaja dibuat jalan kebawah dan dibentuk seperti gua, didalamnya ada patung Yesus kecil yang ditaruh di peti mati terbuat dari kaca, didepannya terhampar karpet yang bisa digunakan untuk duduk berdoa. Didalam ruang inilah penziarah biasanya berdoa lebih lama dan lebih kusyuk terlebih karena suasanya memang "lain". Didepan peti itu ada kotak sumbangan, yang menarik perhatian adalah tulisan yang menganjurkan untuk tidak memasukan uang kertas ke situ. Gua Marianya sendiri terletak di samping bawah perhentian 12 itu, ada pelataran cukup lebar dengan sedikit tangga kebawah menuju gua Maria, ditangga itu juga sering dipakai penziarah duduk untuk berdoa. Dibagian belakang pelataran itu ada deretan bangku yang juga sering dipakai penziarah untuk berdoa. Ternyata pelataran tersebut juga bisa dipakai untuk menyelengarakan misa kudus.

Tidak seperti gua Maria lain, tidak ada pedagang benda rohani disekitar situ atau penulis tidak melihatnya? sehingga lilin misalnya harus disediakan sendiri, hanya ada sedikit pedagang makanan ditempat parkir, sehingga lokasi gua Maria itu sangat nyaman. Gua Maria tersebut sebenarnya terletak dilingkungan biara suster-suster Karmel yang juga menyediakan tempat retret. Keberadaan gua Maria itu sering luput dari perhatian karena ia berada di tengah-tengah daerah wisata yang sangat padat dan ramai. Jika anda berkunjung ke Bandung anda tidak akan kecewa jika berziarah kesini karena tempatnya memang istimewa.



copyright April 2005 - www.guamaria.com