www.guamaria.com
sumber informasi tentang gua Maria di Indonesia

Halaman utama    
Rabu, 3 Mei, 2006 17:10
Gua Maria Sendang Jatiningsih
oleh Admin

Gua Maria Sendang Jatiningsih merupakan tempat ziarah pemeluk agama Katolik, lokasinya di dusun Jitar, Sumberarum Moyudan, Sleman, kurang lebih 18 km di sebelah barat kota Yogyakarta. Ini beda dengan Gua Maria Fatima Sendang Waluyo Jatiningsih (lihat artikel sebelumnya) yang ada di Klepu, Ponorogo - Jawa Timur, hanya nama Jatiningsih saja yang sama.

Keistimewaannya terletak pada bentuk bangunan yang disesuaikan dengan kondisi masyarakat setempat. Kesederhanaan tercermin melalui bangunannya yang terbuat dari kayu dan bambu serta beratapkan daun tebu. Akan tetapi disamping kesederhanaannya Gua Maria Sendang Jatiningsih yang terletak di tepi sungai Progo mempunyai pemandangan yang indah. Agenda rutin yang diselenggarakan di sendang ini adalah Misa Kudus setiap Selasa Kliwon pukul 20.00 WIB, serta setiap bulan Mei dan Oktober diselenggarakan Misa Kudus sebagai pembukaan dan penutupan bulan Maria dan bulan Rosario.

Dalam sejarahnya gua Maria ini diberkati pertama kali oleh JB Mardi Kartono SJ pada 8 September 1986. Lalu peresmian dimulainya renovasi pada tahun 1999, dilakukan oleh Uskup Agung Semarang, Mgr. Dr. Ig. Suharyo Pr. Kemudian tanggal 17 Desember 2000, bersamaan dengan misa penutupan tahun Yubellium Agung 2000 yang dipimpin oleh Uskup Agung Semarang yang sama, juga dilakukan pemberkatan renovasi Gua Maria Ratu Perdamaian Sendang Jatiningsih oleh Uskup dengan membubuhkan tanda tangan pada sebuah prasasti ditempat itu.

Untuk menuju ke sendang dapat menggunakan kendaraan umum jurusan Yogya–Dekso, lalu turun di terminal Ngapak, kemudian jalan kaki kira-kira 1 km kearah sendang. Ada juga disediakan tempat parkir cukup luas jika membawa kendaraan sendiri. Gua Maria ini, meski semula diperuntukkan bagi kepentingan umat setempat, dalam perkembangannya tempat peziarahan ini makin dikenal luas.



copyright © April 2005 - www.guamaria.com