www.guamaria.com
sumber informasi tentang gua Maria di Indonesia

Halaman utama    
Selasa, 9 Mei, 2006 08:00
Gua Maria Sendang Sriningsih
oleh Admin

Gua Maria Sendang Sriningsih terletak di desa Gayamharjo, Prambanan. Sendang yang ditemukan oleh misionaris Romo D. Hardjosuwondo SJ bersama Paulus Wongsosentono pada tahun 1936 ini, diresmikan sudah lama yaitu 29 Mei 1953, lalu kemudian berkembang menjadi tempat ziarah umat Katolik yang cukup populer.

Di sendang ini selain terdapat sendang (mata air) yang airnya selalu mengalir tanpa henti, juga terdapat rumah joglo yang didalamnya disemayamkan arca Bunda Maria menimang kanak-kanak Yesus. Sendang ini dimaksudkan sebagai perantara kasih atau rahmat Tuhan. Perjalanan ke sendang Sriningsih dapat ditempuh dengan transportasi umum bus atau mikrobus jurusan Yogya–Prambanan, setelah sampai di terminal Prambanan, perjalanan bisa dilanjutkan dengan bus jurusan Pasar Menggah lalu dari pasar ini dilanjutkan dengan naik ojek sampai desa Jali.

Gua Maria yang peresmian renovasinya tanggal 19 Agustus 1979 oleh Uskup Agung Semarang, Justinus Kardinal Darmoyuwono Pr, punya tradisi yang masih dilestarikan sampai saat ini yaitu tradisi prosesi oncor (obor) yang dilaksanakan setiap tanggal 30 April dan 30 September, sebagai pembukaan bulan Maria atau Rosario. Demikian juga setiap tanggal 31 Mei dan 31 Oktober sebagai tradisi penutupan bulan Rosario.



copyright © April 2005 - www.guamaria.com