www.guamaria.com
sumber informasi tentang gua Maria di Indonesia

Halaman utama    
Jumat, 14 Juli, 2006 18:00
Tempat Ziarah Bunda Maria Guadalupe
oleh Admin

Setelah tempat ziarah Bunda Maria Guadalupe, di Kompleks Kapel Hati Kudus Yesus, Stasi Sungaibati Tebing, Paroki Tanjung Balai Karimun, Kepulauan Riau, diberkati maka serta merta kemudian dibanjiri para peziarah. Pada tanggal 2 Agustus 2003 dilaksanakan pemberkatan oleh Romo Dekenat Kepulauan Riau Rev. Fr. Peter Bruno Sarbini SVD, dihadiri ratusan peziarah yang sebagian diantaranya datang dari Negeri Jiran Singapura.

Pemberkatan tempat ziarah Bunda Maria Guadalupe, yang jaraknya dari pusat Paroki Tanjungbalai sekitar 30 km dengan lama perjalanan 30 menit, adalah satu-satunya di Kepulauan Riau dan dilengkapi dengan stasi-stasi jalan salib. Pembukaan selubung penutup patung Bunda Maria oleh Ketua Panitia Pembangunan, dr Fransiskus F. Pang di dampingi oleh Pastor Paroki Gabriel Marshel, Pr dan Romo Dekenat Kepulauan Riau.

Diiringi lagu "Hau Mu Cing" versi Mandarin untuk syair lagu "Di Lourdes di Gua Sunyi Terpencil", oleh paduan suara mudika setempat. Seluruh hadirin dengan khusuk mengikuti ziarah jalan salib dan Misa Pemberkatan. "Ziarah Jalan salib merupakan refleksi atas penderitaan Yesus sengaja dibawakan dalam empat bahasa, yakni Bahasa Indonesia, Mandarin, Bahasa Inggris, dan Teochew (bahasa ibu sebagian warga setempat)," ujar Frans F. Pang.

Secara bergantian para pemandu yang merepresentasikan kondisi riil umat setempat, mereka silih berganti memandu jalan salib. Terasa unik dan aneh kesannya, karena di masing-masing stasi seluruh umat akan ikut merasakan cara berdoa umat lain dengan bahasa ibunya yang dikuasai. Pemandu doa dalam bahasa Indonesia adalah para anggota Legio Maria Stasi Bati, Bahasa Inggris oleh Andrew Goh (warga Paroki di Negeri Jiran Singapura), Mandarin oleh Simon Pavri, dan Pastri Elisabeth Lee memandu dalam bahasa Teochew.

Ziarah Jalan Salib ditutup Perayaan Eraristi dengan iringan lagu-lagu Maria berbahasa Mandarin, Teochew, Inggris dan Indonesia. Sementara kotbah Pastor Deken dalam bahasa Indonesia diterjemahkan ke dalam bahasa Teochew oleh Fransiskus F Pang. Dalam Misa ini, bacaan kedua dibacakan dalam bahasa Mandarin oleh Simon Pavri, sementara doa umat disampaikan dalam bahasa Inggris oleh Andrew Goh.
(RD Marcel Gabriel/Andi/Mrf)

dari:
http://mirifica.net/wmview.php?ArtID=513&term=riau
http://www.keuskupanpkpinang.org/ziarah/gua%20maria%20tanjungbalai.htm

Kontak:
PASTORAN KATOLIK TANJUNG BALAI
Jl. Trikora 1
Tanjung Balai - Karimun 29661 Kep. Riau
Telp. (0777)21013
R.D. Emmanuel Vengi Nivak



copyright April 2005 - www.guamaria.com