www.guamaria.com
sumber informasi tentang gua Maria di Indonesia

Halaman utama    
Selasa, 29 Augustus, 2006 17:40
Buku Ziarah Gua Maria Di Jawa
oleh Admin

images1Jika anda ingin mengetahui berbagai tempat ziarah Gua Maria di pulau Jawa, ini adalah sebuah buku sangat menarik yang dapat anda baca. Buku ini berisi tempat-tempat ziarah gua Maria yang ada di pulau Jawa lengkap dengan segala penjelasan yang terkait.

Buku ini kami temukan ditoko buku yang bersebelahan dengan kantin di kompleks Gereja Katedral Hati Kudus Yesus yang terletak di jalan Polisi Istimewa Surabaya, setelah kami menghadiri misa Minggu sore, disela-sela kesibukan kunjungan kerja kami ke Surabaya pada akhir Juli 2006. Buku tersebut cuma satu-satunya di toko itu yang juga menjual banyak barang-barang rohani lainnya. Tokonya sendiri cukup lengkap karena kami juga menemukan dan membeli panduan jalan salib pendek yang jarang terdapat di toko sejenis.

Buku tersebut karangan R.L. Soemijantoro bersama-sama tim yang disebutnya sebagai tim gua Maria Indonesia serta diterbitkan oleh PT. Dian Tirta ini telah mencapai cetakan kedua di tahun 2004. Buku yang tebalnya 172 halaman ini didominasi oleh warna hijau dan berisi uraian tentang tempat-tempat ziarah gua Maria mulai dari ujung barat yaitu gua Maria Kanada di Rangkasbitung Banten sampai ke ujung timur yaitu gua Maria Jatiningrum, Curahjati Banyuwangi. Pada halaman awal berisikan kata pengantar dari Romo Eddy Kristiyanto OFM, dilanjutkan oleh pendahuluan berisi sejarah dan tujuan penziarahan. Ada juga doa pembukaan serta doa kepada Bunda Maria.

Pada setiap pembahasan tentang suatu lokasi gua Maria, ditulis dengan lengkap sejarahnya, mulai dari awal oleh para pelopornya, serta peristiwa-peristiwa kemudian yang mengiringi perkembangannya dan tidak ketinggalan juga foto-foto suasana dilokasinya. Kadang kala uraian suatu tempat sangat panjang tetapi di bagian lain cukup singkat, mungkin karena bahan-bahan tulisan yang berasal dari riset mereka pada setiap tempat yang dikunjungi berbeda-beda. Sebagai tambahan, diakhir pembahasan suatu tempat gua Maria dicantumkan pula doa-doa yang biasa dipakai umat setempat saat berziarah di gua Maria tersebut serta tidak lupa kontak personal pada lokasi tersebut. Yang sangat menarik adalah disertakan juga gambar peta rute perjalanan menuju ke lokasi tersebut, ini kami kira akan sangat membantu karena banyak tempat lokasi gua Maria adalah ditempat terpencil yang minim petunjuk untuk mencapainya. Tidak ketinggalan juga dijelaskan cara mencapai lokasinya dengan kendaraan sendiri atau angkutan umum (jika tersedia) melengkapi peta tersebut. Beberapa lokasi gua Maria terlewati, mungkin karena tim mereka belum sempat mengetahui atau berkunjung ke lokasi tertentu, misalnya tidak ada tentang gua Maria di Sukabumi (lihat artikel kami tentang gua Maria Sumber Kahuripan) atau gua Maria di Salak Endah atau gua Maria Bromo. Ini dapat dimaklumi karena dalam rangkaian panjang riset untuk menyusun buku ini tentu saja ada tidak semua tempat dapat dikunjungi atau dipelajari. Mungkin dalam edisi mendatang lokasi-lokasi tersebut dapat ditambahkan.

Secara keseluruhan buku ini akan memberikan manfaat lebih bagi umat yang akan melakukan ziarah. Buku ini dapat dianggap sebagai panduan untuk melakukan penziarahan di tanah Jawa, mudah-mudahan buku ini dapat dikembangkan menjadi buku sejenis tentang lokasi ziarah lainnya yang banyak terdapat didaerah luar pulau Jawa.



copyright April 2005 - www.guamaria.com