www.guamaria.com
sumber informasi tentang gua Maria di Indonesia

Halaman utama    
Senin, 4 September, 2006 09:01
Gua Maria di pulau Bangka
oleh Admin

Kepulauan Bangka sekarang sudah dimekarkan menjadi propinsi baru yang bernama Kepulauan Bangka Belitung dan sudah lama dikenal sebagai penghasil timah di Indonesia meskipun pamornya saat ini pelan-pelan memudar karena menipisnya cadangan timah dibuminya. Akan tetapi umat Katolik disana berkembang pesat terbukti dengan adanya dua lokasi gua Maria di pulau kecil tersebut.

Gua Maria Bunda Pelindung Segala Bangsa, Belinyu

Gua Maria Bunda Pelindung Segala Bangsa dibangun di atas sebuah bukit yang bernama Bukit Mo Thian Liang, yang berarti bukit menggapai langit.

images1Kerinduan umat paroki Belinyu, yang saat itu dipimpin oleh Pastur WH. Lambregts SS.CC untuk memiliki Gua Maria dimulai pada tahun 1988 dengan mencari beberapa lokasi. Dengan campur tangan Tuhan dan niat yang sungguh-sungguh, setelah pergantian beberapa kali Pastor paroki, sebuah keluarga bermurah hati menyerahkan sebidang tanah di lahan perbukitan Moh Thian Liang yang berarti Bukit Menggapai Langit. Pekerjaan awal dilakukan oleh seksi pembangunan pada tanggal 8 Februari 1997.

Melalui mimpi iman yang dialami Pastor Marcel Arnould MEP sebanyak 3 kali berturut-turut yang menunjukkan tempat untuk meletakkan patung Bunda Maria, maka digalilah tanah untuk mencari batu yang ditunjukkan dalam mimpi, yang sekarang berada di depan patung Bunda Maria. Setelah sempat mengalami penghentian akibat krisis moneter, pada tanggal 8 Desember 1999 Gua Maria secara resmi diberkati oleh Bapa Uskup keuskupan Pangkalpinang, bertepatan dengan Pesta Pelindung Paroki Belinyu "Santa Perawan Maria Yang Dikandung Tanpa Noda". Gua Maria tersebut lalu dinamakan "Maria Bunda Pelindung Segala Bangsa".

Gua Maria Yung Fo, Pangkalpinang

images2Nama Gua Maria Yung Fo diambil dari nama daerah dimana gua ini berada yakni daerah Yung Fo di kota Pangkalpinang yang merupakan ibukota propinsi. Jarak dari lapangan terbang Depati Amir 10km dengan lama perjalanan sekitar 15 menit. Setiap Hari Selasa ke 2 diadakan Misa di Gua Maria Yung Fo, dimulai jam 17:00.

Gua Maria Yung Fo sekarang ramai menjadi tempat tujuan ziarah. Penziarahan dapat diawali dari Gereja Katedral lalu menuju ke Gua Maria Yung Fo - Pangkalpinang dan berakhir di Gua Maria Bunda Pelindung Segala Bangsa - Belinyu. Jarak Pangkalpinang - Belinyu 90 km dengan lama perjalanan sekitar 2 jam.

kontak:
Paroki St. Perawan Maria Dikandung Tanpa Noda
PASTORAN KATOLIK BELINYU
Jl. Mayor Syafri Rakhman 107
Belinyu 33254 Bangka
Telp. (0715)321331
Pastor Paroki: R.D. Fenansius Marianus Manse,

Gua Maria Yung Fo
Belakang Wisma Keuskupan Pangkalpinang
Jl. Batu Kadera (Stasiun XXI), No 545A - Pangkalpinang 33147

diambil dari:
http://www.keuskupanpkpinang.org/ziarah/gua%20maria%20belinyu.htm
http://www.keuskupanpkpinang.org/ziarah/gua%20maria%20yung%20fo.htm



copyright April 2005 - www.guamaria.com