www.guamaria.com
sumber informasi tentang gua Maria di Indonesia

Halaman utama    
Jumat, 13 April, 2007 16:13
Gua Maria Sendangrejo
oleh Admin

Gua Maria Sendangrejo atau juga disebut Domus Mariae, adalah tempat ziarah umat Katolik yang terletak di Desa Ngadirejo kurang lebih 5 km kearah utara Kota Blitar Jawa Timur.

Sejarah
Pada tahun 1983, Romo J. Bartels CM dan beberapa orang tokoh umat katolik dari stasi Ngadirejo mencari lokasi yang cocok untuk membangun suatu tempat untuk ziarah. Hingga sampailah mereka di tepi sungai di daerah pinggiran desa Ngadirejo. Mereka menjumpai tiga orang anak yang sedang mencari kayu. Dua anak diantaranya mencoba untuk menyeberangi sungai, sementara sang kakak sudah berdiri diseberang sungai sambil membawa seikat kayu, menunggu kedua adiknya menyeberang. Cerita itu mengingatkan akan kisah Santa Bernadeth di Lourdes Perancis. Dan itu terulang saat ditemukannya sumber mata air di Sendangrejo.

Diberi nama Sendangrejo, karena disitu ada sebuah mata air (sendang) yang tidak pernah kering meskipun hari kemarau. Banyak orang sakit yang disembuhkan setelah meminum atau membasuh diri di mata air tersebut. Hingga beberapa waktu mata air itu didatangi oleh banyak orang untuk menginginkan kesembuhan. Akhirnya tempat itu diberi nama Sendangrejo. Kemudian pada sumber mata air Sendangrejo yang banyak dikunjungi oleh umat katolik dari berbagai daerah tersebut, dibangun sebuah gua kecil mirip gua Maria Lourdes Perancis. Lingkungan sekitarnya sangat asri dengan pemandangan alam serta udara yang sejuk dan segar. Pada tahun 2004, dibangun rumah doa dan ibadat, yang terletak bersebelahan dengan gua Maria dan diresmikan pada tanggal 15 Agustus 2005.

Kontak: Stasi Ngadirejo
Jl. Sendangrejo no 25, Kelurahan Ngadirejo
Blitar, Jawa Timur

dari: http://sendangrejo.net



copyright April 2005 - www.guamaria.com