www.guamaria.com
sumber informasi tentang gua Maria di Indonesia

Halaman utama    
Kamis, 10 Mei, 2007 17:17
Tempat Ziarah: Jalan Salib Suci Mahawu
oleh Admin

Tempat Ziarah yang berada di kota Tomohon - Sulawesi Utara ini terletak di kaki Gunung Mahawu, merupakan tempat dimana orang berjumpa dengan Tuhan dalam doa.

Sejarah
Tempat ini diprakarsai oleh keluarga besar Ronald Korompis- Wewengkang, pendiri dan ketua umum Yayasan Pendidikan Lokon (YPL) dan SMA Lokon St. Nikolaus (2001). images1Peletakan batu pertama pembangunan tempat ziarah Mahawu pada tanggal 18 September 2005. Pemberkatan Jalan Salib Suci Mahawu dan Gua Maria oleh Uskup Manado Mgr Joseph Suwatan MSC pada tanggal 14 September 2006, bertepatan pada Pesta Salib Suci dan ulang tahun ke 60 Ibu Maria Josephine Wewengkang. Acara pemberkatan seluruh kompleks tempat Ziarah Mahawu dilakukan pada hari Minggu, 4 Februari 2007.

Sebagai suatu tempat ziarah yang kudus, tempat ziarah Mahawu sesuai dengan segala hal yang anda bayangkan mengenai suatu tempat ziarah, tempat yang tenang dan hening. images2Terletak di kaki gunung Mahawu Tomohon, Sulawesi Utara, berbingkaikan dan dikelilingi oleh hutan, tempat ini memberikan udara yang segar alami dan atmosfir yang sejuk kala matahari terbenam. Matahari yang terbit dari balik gunung Mahawu menciptakan siluet yang indah di antara pepohonan. Dari sinilah anda dapat memandang gunung Lokon, gunung Soputan, pantai Amurang dari kejauhan, dan kota Tomohon. Tempat ini sungguh merupakan suatu tempat yang inspiratif dan sangat membantu anda dalam bermeditasi.

Akses umum
Untuk mencapai Tempat Ziarah Mahawu sangat mudah. Jika anda dari arah kota Manado, anda bisa berbelok kiri ke Jembatan Kinilow dan melewati Jalan Lingkar Timur Kota Tomohon sampai anda menemukan perempatan jalan. Anda dapat langsung menuju Tempat Ziarah Mahawu dengan berbelok kiri atau bagi yang ingin melakukan ibadah Jalan Salib dapat meneruskan perjalanan kurang lebih 1 kilometer sampai ke pintu masuk Jalan Salib Suci Mahawu. Jika anda dari arah Tondano dapat berbelok kanan melalui jalan samping Kantor Walikota Tomohon atau jalan samping Gereja Pniel Kakaskasen.

Lokasi utama
1. Jalan Salib Suci Mahawu
Keunikan dan kekhasan jalan salib ini terletak pada karya seni yang sarat dengan nilai-nilai rohani. Patung-patung jalan salib dibuat dan dibentuk dari lempengan-lempengan campuran antara tembaga dan perunggu atas dasar tafsir jalan salib yang sangat maju. Patung-patung di setiap perhentian diletakkan di tengah jalan agar peziarah dapat mengikuti (bukan menonton) Jalan Salib dengan khidmat. Nilai rohani yang bisa dihayati adalah perjalanan Salib Yesus yang semakin lama semakin menanjak sebagai gambaran perjalanan hidup rohaninya sendiri. Sebuah peziarahan yang tak kunjung henti untuk menemukan kebahagian sejati melalui jalan kebangkitan Yesus setelah mengalami kesengsaraaan dan kegelapan saat wafat-Nya.

2. Taman Pieta
Bunda Maria meletakkan jenazah Yesus di pangkuannya. Yesus diterima dengan kesucian dan kebersihan hati Bunda Maria sehingga wajah dan tangannya nampak begitu halus. Desain taman ini berbentuk rengkuhan jari-jari tangan. Ini adalah taman ketulusan hati yang merangkul siapa saja yang memiliki iman dari ketulusan dan kemurnian hati bagi Tuhan dan orang lain.

3. Makam Yesus
Keunikan makam Yesus ini diawali dari pintu masuk dan pintu luar makam yang berbentuk terowongan. Peziarah akan langsung melihat gelapnya terowongan pada pintu masuk sehingga menimbulkan keragu-raguan untuk masuk ke makam Yesus karena gelap. Di saat inilah peziarah diajak untuk bermeditasi tentang kegelapan sesudah Yesus wafat. Kemudian di bawah ventilasi kecil, peziarah sampai di makam Yesus. Kondisi makam hanya ada sinar dari ventilasi saja. Itulah makam Yesus yang memang kosong. Peziarah diajak untuk berdoa dalam kekosongan baik hati maupun tempat.

4. Gua Maria
Kesucian dan kemurnian hati Bunda Maria bagi setiap peziarah dipancarkan melalui wajah dan kedua telapak tangannya yang halus.

5. Ampiteater
Bangunan Ampiteater ini berbentuk setengah lingkaran dan bertrap-trap sehingga mampu menampung 1000 orang. Tempat ini dirancang sebagai tempat serbaguna.

6. Kapel Maria
Bangunan Kapela memiliki lantai bawah serta lantai atas yang dapat dipakai untuk berdoa atau Perayaan Ekaristi. Lantai bawah Kapela ada catacomb (kuburan) dan tempat abu jenasah (columbarium). Di jalan luar yang mengelilingi Kapela ini dibuat jalan salib dalam bentuk Terracotta.

7. Rumah Retret
Rumah Retret ini dibangun dengan prinsip tidak merusak habitat lingkungan hutan di sekitarnya. Di samping memiliki pemandangan pegunungan yang indah dan mengarah ke Gunung Lokon, rumah retret ini dibangun dengan maksud supaya siapapun yang akan mengadakan retret di sini sungguh mengalami keheningan dan kesunyian bebas dari polusi keramaian kota.

8. Toko cenderamata dan kantin
Toko ini menyediakan keperluan yang dibutuhkan oleh peziarah atau peserta retret antara lain: souvenir, oleh-oleh, makanan, minuman, benda-benda rohani, serta buku-buku rohani.

Juga tersedia fasilitas pelayanan rohani:
- Perayaan Ekaristi
- Ibadah Jalan Salib
- Rekoleksi Group
- Retret pribadi atau kelompok

Alamat:
Jl. Lingkar Timur, Kaskasen III, Tomohon, Sulawesi Utara, Indonesia
Telp: +62-4313358833 Fax: +62431-351420
E-mail: ziarahmahawu@yahoo.com
kontak:
Tri Nugroho, Spd (0813 56 2011 98)
Jane A Lumi (0852 40 5678 67)



copyright April 2005 - www.guamaria.com