www.guamaria.com
sumber informasi tentang gua Maria di Indonesia

Halaman utama    
Selasa, 14 Augustus, 2007 08:19
Jalan Salib Suci Mahawu (JSSM)
oleh Admin

images1Jalan Salib Suci Mahawu (JSSM) kini menjadi tempat ziarah yang ramai dikunjungi oleh umat Kristiani. Lokasinya ada di kawasan hutan lereng Gunung Mahawu, sebelah timur kota Tomohon, Sulawesi Utara. Anda pasti akan langsung jatuh hati. Betapa tidak! Landskap alam di sekitar tempat JSSM sungguh eksotik dengan suhu udara rata-rata berkisar 22 derajat Celcius. Maka, tak heran kalau udara sejuknya akan menyegarkan pori-pori kulit anda.

Nah, begitu kaki anda menapak di perhentian pertama, suasana alam hutan akan anda nikmati sampai ke puncak Gua Maria Mahawu. Setiap perhentian ada diorama patung-patung setinggi manusia yang terbuat dari lempeng-lempeng tembaga bercampur perunggu. Di setiap perhentian, anda akan menyaksikan diorama yang diletakkan di tengah jalan.

Anda akan terharu menyaksikan ”pengkristalan penderitaan kemanusiaan Yesus” pada setiap patungNya. Misalnya, Yesus tergeletak tak berdaya, saat Simon Kirene membantu memanggul salibNya. Yesus jatuh dan batu besar menopang badan lunglai Yesus. Kendati berat memikul salib, Yesus merunduk menatap sendu BundaNya dan berjumpa dengan Veronika. Badan Yesus terbaring di atas kayu salib saat serdadu menancapkan paku pada tangan dan kakiNya.

Mendekati makam Yesus, anda melewati akuistik Taman Pieta tempat adegan Bunda Maria memangku jenasah Yesus. Selanjutnya, langkah anda akan terhenti di lorong pintu masuk makam Yesus yang gelap. Siapkah anda diam sejenak untuk merenungkan kegelapan dan kekosongan diciptakan di sini. Keluar dari makam, anda akan melewati sebuah jembatan di atas kolam untuk sampai ke Gua Maria Mahawu. Sebuah jembatan, agar dengan perantaraan Bunda Maria doa-doa kita terkabul.

JSSM diberkati oleh Mgr. Josef Suwatan MSC, Uskup Manado pada pesta Salib Suci, 14 September 2006. JSSM dilengkapi dengan amphitheatre yang mampu menampung 1000 orang. Di sebelah amphitheatre, dibangun Kapel dengan view menghadap Gunung Lokon. images2Jogging trek sepanjang 500 meter menembus hutan dibuat dari Kapel menuju ke halaman Rumah Retret. Enam unit rumah panggung di komplek rumah retret ini sangat ramah lingkungan. Dua unit dikhususkan untuk menginap dengan daya tampung 100 orang. Unit-unit rumah lainnya digunakan untuk ruang kantor, ruang makan dan ruang pertemuan, serta ruang pembimbing.

Luas kawasan tempat ziarah JSSM kurang lebih 50 ha milik keluarga Korompis Wewengkang. Di samping sebagai tempat ziarah, kawasan ini disiapkan untuk Kebun Raya (botanical garden). Wujud nyata dari kepedulian untuk menjaga dan melestarikan lingkungan hidup dan konservasi alam di Sulawesi Utara, khususnya kawasan hutan Tomohon. Flora terestrial endemik Sulawesi seperti Pakoba, Cempaka Putih, Gaharu Minasase, Namu-namu, Lausip, Beringin Putih, Tome-tome, dll akan anda saksikan di tempat ini.

Ke lokasi JSSM dan Kebun Raya ini tidak sulit. Dari Manado, cukup anda tempuh dengan kendaraan dalam waktu 45 menit dengan jarak 25 kilometer. Dari jembatan Kinilow, silahkan Anda berbelok ke kiri mengikuti Jalan Lingkar Timur kota Tomohon. Dari jembatan ke lokasi JSSM atau Kebun raya cuma 2 km atau 10 menit perjalanan.



copyright © April 2005 - www.guamaria.com