www.guamaria.com
sumber informasi tentang gua Maria di Indonesia

Halaman utama    
Rabu, 26 Desember, 2007 19:54
Serba-serbi informasi gua Maria
oleh Admin

Berikut serba-serbi aneka informasi tentang situs ziarah gua Maria yang dikumpulkan dari berbagai tulisan maupun hasil pengamatan pada kunjungan langsung ke lokasi.

images1Kami warga lingkungan St. Ignatius & St. Yohanes Pembaptis, Paroki St. Martinus - Bandung, sampai dengan Desember 2007 ini mempunyai data base atas lokasi perziarahan sebanyak 55 lokasi, 53 di Pulau Jawa, 2 di provinsi Lampung yang dikompilasikan dari berbagai sumber diantaranya, berita-berita di Majalah Hidup, informasi dari para penyelenggara ziarah, keluarga/rekan di daerah, warga lingkungan yang pergi ziarah, salah satu terbaru terbaru 1 lokasi (GM Sendang Rejo) dari guamaria.com, dan sumber lain-lainnya.

Dari 55 lokasi perziarahan tersebut ternyata:
1.51 lokasi dipersembahkan kepada Bunda Maria, 3 diantaranya tidak berbentuk Gua adalah Kapel Maria Fatima-Bekasi, Sumur Maria Kitiran Mas-Pakem, Graha/Griya Maria Diangkat ke Surga-Palur.
2.4 lokasi ziarah selainnya: Candi Hati Kudus Yesus Ganjuran, Salib Suci Gunung Sempu, Gua Rantamsari, Makam Rm. Richardus Kardis Sandjaja, Pr.
3.Dari 55 lokasi itu, sampai Desember 2007, 12 diantaranya belum kami kunjungi secara berombongan tetapi sudah dalam rencana mendatang adalah GM Sumber Gondang, GM Sendang Rejo, GM Sendang Jatiningrum, Gua Rantamsari, GM Selintang, GM Mawar, GM Wadasgumantung, GM Pengantara Segala Rahmat-Wonosobo, GM Katedral-Jakarta, GM Bunda Penebus-Bojong Indah, GM Bukit Talita dan Kapel Maria Fatima-Bekasi.
4.Dari 55 lokasi itu, sampai Desember 2007, 4 diantaranya belum satu orang / keluargapun warga lingkungan kami yang pergi berkunjung, yaitu GM Sumber Gondang, GM Pengantara Segala Rahmat-Wonosobo, Gua Rantamsari, Kapel Maria Fatima-Bekasi.

Dalam kesempatan kunjungan kami, terlihat ada banyak hal yang khas disuatu lokasi perziarahan walau hanya ditinjau dari salah satu sudut saja yaitu keadaan fisiknya saja, namun demikian informasi tambahan semacam ini mungkin berguna juga bagi peziarah, beberapa diantaranya adalah:

1.Uskup Agung Semarang, Mgr. I.Suharyo menuliskan agar lokasi setempat menjadi sarana bagi yang ingin mengalami meneng (diam), wening (jernih), dunung (tujuan) meneladan Bunda Maria yaitu di GM Jatiningsih - Moyudan & GM Ratu Rosario - Juwana.
2.Bila berombongan, lokasinya tidak dapat dicapai dengan bis besar dan harus ganti/menggunakan kendaraan kecil adalah - GM Sendangsono, GM Sendang Kelayu, GM Sendang Pawitra-Tawangmangu, GM Sendang Waluyojatiningsih-Ponorogo, GM Sendang Sriningsih, GM Selintang- Kokap, GM Bukit Talita, GM Megamendung. Catatan: GM Kerep bisa dicapai dengan bis kecil. Biasanya kita bisa meminta bantuan melalui sekretariat paroki setempat untuk mempersiapkan kendaraan kecil.
3.Memerlukan kondisi fisik yang fit karena harus dicapai dengan berjalan kaki dengan jarak yang cukup lumayan - GM Sawer Rahmat, GM Sriningsih, GM Tritis, GM Sendang Kelayu, GM Wadasgumantung, GM Kaliori, catatan: untuk GM Tritis berangkat jalan menurun, pulangnya jalan menanjak.
4.Hanya bisa dicapai dengan naik perahu - GM Nusakambangan.
5.Ada ojek sepeda motor : GM Sendang Ratu Kenya, GM Sendang Kelayu, GM Kerep, GM Nusakambangan.
6.Patung Yesus membawa anak domba (melambangkan Sang Gembala Agung) hanya ada di GM Rosa Mystica - Tuntang.
7.Patung Hati Kudus Yesus ada di GM Sawer Rahmat - Cisantana.
8.Patung Keluarga Kudus hanya ada di GM Marganingsih - Bayat (patungnya lebih besar) dan GM Tebar Kemulyan - Subang.
9.Replika makam Yesus yang kosong dan merupakan bagian dari perhentian jalan salib ada di GM Bunda Ratu-Weleri dan GM Ratu Rosari-Juwana, sedangkan di Taman Doa GM Kerep juga ada replika makam Yesus yang kosong lengkap dengan kain kafanNya.
10.Patung Pieta (Bunda Maria memangku jenazah Yesus) dan merupakan bagian dari perhentian jalan salib ada di Salib Suci Gunung Sempu sebagai yang pertama dan terbesar, lalu GM Rosa Mystica, GM Bunda Ratu, GM Sendang Harjo dan GM Tebar Kemulyan.
11.Makam Yesus dengan masih ada jenazah Yesus merupakan bagian perhentian jalan salib dan ditempatkan dalam ruangan khusus, hanya ada di GM Bunda Karmel - Lembang.
12.Patung Bunda Maria yang terbuat dari batu alam ada di GM Sendang Pawitra - Tawangmangu dan GM Sendang Retno Adi - Tumpang.
13.Patung Bunda Maria bermahkota menggendong Kanak2 Yesus yang bermahkota juga di GM Bukit Talita.
14.Di GM Poh Sarang - Kediri - terdapat 3 set perhentian jalan salib, sedangkan di GM Sendang Sono terdapat 2 set perhentian jalan salib.
15.Terdapat 2 patung Bunda Maria, karena yang lama masih ditahtakan walaupun renovasi telah selesai di GM Marganingsih-Bayat dan GM Jatiningrum-Banyuwangi.
16.Gua Maria alam asli di GM Tritis dan GM Sendang Harjo, keduanya gua kapur serta GM Pendoa Tunggul Arum-Somohitan berupa gua tanah ditepian sungai.
17.Patung Maria diberi pintu pengaman terkunci di GM Mawar-Musuk, Boyolali
18.Di Pertapaan para Suster P.Karm - Tumpang, Malang terdapat 2 GM di satu kompleks yaitu yang lama GM Sendang Retno Adi (dibagian belakang kompleks) dan GM yang baru dibagian depan kompleks.
19.GM Kanada - Rangkasbitung adalah paling barat P.Jawa, sedangkan GM Jatiningrum - Banyuwangi yang paling timur.

Tentunya masih banyak lagi informasi yang ada ditiap lokasi perziarahan yang dapat disampaikan oleh para peziarah untuk melengkapi data tersebut diatas.

Per Mariam Ad Yesum,
Maureen Katharina - Bandung



copyright April 2005 - www.guamaria.com