www.guamaria.com
sumber informasi tentang gua Maria di Indonesia

Halaman utama    
Senin, 12 Mei, 2008 12:32
Wisata Rohani di gua Maria Bukit Kelam
oleh Admin

Bukit Kelam (gelap) merupakan salah satu kawasan wisata andalan Kabupaten Sintang (Kalimantan Barat), keindahan alamnya kini tak hanya dijadikan sebagai objek wisata, namun kini pengembangan pengelolaannya juga diarahkan untuk wisata rohani khususnya kepada umat Khatolik.

Berbagai pemuka masyarakat Kabupaten Sintang pun memberikan dukungan terhadap pengelolaan wisata rohani tersebut, seperti anggota DPRD Sintang, Toni, S. Sos yang begitu bangga dengan dibangunnya kawasan wisata rohani tersebut. Sebagai langkah untuk melestarikan alam, peran serta masyarakat setempat harus ikut andil dalam menjaga bagunan wisata rohani yang bernilai milliaran rupiah tersebut.

"Coba anda lihat, Bukit Kelam semakin perkasa dengan bangunan wisata rohani. Memang bungunan ini bersifat keagamaan, khususnya umat Katolik. Namun, dengan hadirnya kisah perjalanan Yesus menuju Kalvari dan Gua Maria yang digambarkan dengan berbentuk kelompok nabi-nabi terdahulu dengan gambaran patung seakan menambah keindahan alam yang ada di kawasan tersebut," kata Toni.

Sama halnya dengan Apolonaris Biong, S. Sos, M. Si mengungkapkan, kepedulian umat Katolik untuk merevitalisasi sebagian kawasan Bukit Kelam dengan wisata rohani patut dihargai oleh seluruh masyarakat. Dengan acuan kepedulian tersebut dia mengajak umat beragama lainnya untuk ikut serta dalam mengambil bagian wisata rohani dan mengimplementasikan di Bukit Kelam.

Begitu pula dengan agama lainnya tidak ada batasan untuk menghadirkan wisata rohani di kawasan tersebut. Hal ini bertujuan agar Bukit Kelam menjadi tujuan wisata rohani dari seluruh penjuru dunia. Terlepas dari wisata rohani, Bukit Kelam juga sangat menarik bagi pengunjung yang suka bertualang menghadapi tantangan alam dan merindukan pemandangan alam yang asli. (adi)

dari:
Harian Berkat (Berita Khatulistiwa) edisi online
tanggal 4 Maret 2008
http://www.harianberkat.com/index.php?option=com_content&task=view&id=138



copyright April 2005 - www.guamaria.com