www.guamaria.com
sumber informasi tentang gua Maria di Indonesia

Halaman utama    
Selasa, 1 Juli, 2008 09:19
Gua Maria "Ratu Damai", Batam
oleh Admin

Pencetus ide pembangunan Gua Maria "Ratu Damai" adalah Pastor Paroki Gereja Santo Petrus, Kota Batam, yaitu Pastor Peter Sarbini, SVD. Ide tersebut bermula ketika pada suatu hari ditahun 2006, Sdr. Henry Wiswanto datang ke Gereja dengan membawa sebuah Patung Bunda Maria setinggi 178 cm yang telah lama disimpannya dirumah untuk disumbangkan ke Gereja.

Pada saat bertemu, Pastor spontan menawarkan dengan berkata, "Pak, kalau bisa jangan patungnya aja, bagaimana sekalian dibuatkan guanya juga, tapi maaf, Gereja tidak memiliki dana untuk itu, tetapi kalau lokasi sih ada dibelakang Pastoran yang ditanami banyak tanaman dan tempat pembakaran sampah mungkin sekiranya cukup atau barangkali cocok sekali untuk pembangunan Gua Maria".

images1Disitulah awal ide pembangunan Gua Maria tersebut, dimana kemudian sdr. Henry bersama dengan Sdr. Andy Kurniawan (Arsitek terkenal di Batam) direkomendasi oleh Pastor untuk mewujudkannya. Lalu kedua orang ini secara bertahap dan berkeyakinan serta dengan bantuan sumbangan dari berbagai umat gereja St. Petrus maupun bukan umat dapat menyelesaikan pekerjaan pembangunan Gua Maria yang dinamai oleh Pastor Peter Sarbini, SVD. Gua Maria "Ratu Damai". Dengan tujuan agar Bunda Maria yang ada di Paroki St. Petrus ini menjadi Ratu Damai, untuk kedamaian bagi semua umat Katolik dan semua masyarakat kota Batam yang memang sangat beragam, kata Pastor.

Pada tanggal 1 Nopember 2007 diresmikanlah gua Maria ini oleh Uskup Pangkalpinang, Hilarius Moa Nurak,SVD. dan sejak itu menjadi salah satu tempat ziarah ummat Katolik Batam dan sekitarnya dan juga umat dari Singapore, Malaysia dan Philipina.

Tempat tersebut sangat teduh, dengan disain yang menggunakan batu-batu alam dan adanya kolam sederhana tempat ikan hidup serta tanaman asri sehingga memberikan kesan bersih, suci, sehingga memberikan suasana nyaman serta kusyuk bagi umat yang berdoa di gua Maria 'Ratu Damai' dibawah Patung Bunda Maria yang Anggun dan mempesona.

kiriman: WISWANTO HENRY



copyright April 2005 - www.guamaria.com