www.guamaria.com
sumber informasi tentang gua Maria di Indonesia

Halaman utama    
Rabu, 1 April, 2009 11:31
Gua Maria Ratu Damai,Serpong
oleh Admin

Di pinggiran kota metropolitan Jakarta, di suatu tempat yang agak tersembunyi, dalam arti jauh dari hiruk pikuknya suara kendaraan dan keramaian, terdapat lokasi yang berterasering (berundak-undak).

images1Dimana terdengar suara gemericik air dari aliran sungai dilingkungi dengan tatanan asri taman berisi berbagai tumbuhan tempat kita bisa menikmati suasana doa yang khusuk dan hening, ya, kita bisa ber Ibadat Jalan Salib dan berdoa di Gua Maria Ratu Damai yang tanggal 16 September 2006 diberkati oleh Pastor Julianus Puryanto, SCJ. Area ini termasuk dalam wilayah Paroki St. Barnabas Rasul - Pamulang, Dekenat Tangerang, Keuskupan Agung Jakarta. Patung Bunda Maria dipahat dari batu alam oleh seniman dari Muntilan Jawa Tengah.

Gua Maria Ratu Damai berada dalam kawasan yang dikelola oleh Yayasan Bina Bhakti dengan alamat: Kp. Curug Rt 02/Rw 01, Desa Babakan, Serpong - Tangerang 15315, telpon 021-7566439. Bunda Maria juga mendampingi dan hadir ditengah-tengah para orang tua yang tinggal di Panti Werdha Bina Bhakti. Panti Werdha ini diselenggarakan mulai September 1986 yang dipimpin oleh Sr.Rina Ruigok, BKK dibantu oleh Sr.Regina, BKK (BKK = Biarawati Karya Kesehatan) dengan kapasitas 60 orang, tetapi dalam kenyataannya selalu dihuni 65-70 orang. Saat ini dikelola oleh suatu team pengelola yang terdiri dari beberapa orang, diantaranya Ibu Agnes Agustini yang menemani kami berkeliling kawasan ini dan menjelaskan berbagai hal pada tanggal 10 Februari 2009.

Lokasi ini relatif mudah dicapai dari berbagai arah yaitu, jalan raya Parung Bogor atau Jalan Tol Jakarta Merak (keluar di BSD ~ Bumi Serpong Damai) atau jalan tol JORR - Serpong (keluar BSD). Kita menuju Taman Tekno Serpong, Kampus ITI dan Perumahan Puri Serpong II. Jalan masuknya dekat papan nama perumahan Bukit Dago yang diportal, sehingga bila akan datang menggunakan bis besar sebaiknya berkoordinasi terlebih dahulu dengan team pengelola.

Selain itu, di kawasan Bina Bhakti ini terdapat juga Kapel yang dilengkapi perhentian Ibadat Jalan Salib dan Gua Maria. Untuk rombongan peziarah yang ingin merayakan ekaristi, sebaiknya 1 bulan sebelumnya memberitahukan kepada team pengelola sehingga bisa dicarikan pastor untuk memimpin Misa.

Per Mariam Ad Yesum
Maureen - Bandung



copyright April 2005 - www.guamaria.com