www.guamaria.com
sumber informasi tentang gua Maria di Indonesia

Halaman utama    
Jumat, 31 Juli, 2009 18:08
DVD penziarahan Bunda Maria
oleh Admin

Kira-kira dua bulan lalu kami menerima kiriman DVD yang sangat unik buah karya umat Katolik dilingkungan salah satu kontributor kami asal Bandung yang sangat aktif dan barangkali boleh disebut pakar "Gua Maria" karena sudah berkunjung kebanyak gua Maria terutama di daerah Jawa untuk melakukan kegiatan devosi. DVD itu berisi kumpulan foto-foto dengan latar belakang lagu-lagu rohani pujian yang dikomplasi menjadi DVD video slide show. Berikut disajikan cerita dibelakang pembuatan DVD yang sangat menarik tersebut.

Terinspirasi dari salah satu keluarga yang pada bulan Mei (bulan Maria) dan Oktober (bulan Rosario) setiap hari berdoa Rosario bersama keluarga. Disamping itu mereka juga menampilkan foto-foto Gua Maria di layar monitor bergantian yang bagi mereka, foto-foto tersebut membantu suasana doa menjadi lebih khidmat. Maka kami mulai mengumpulkan foto-foto Gua Maria untuk ditampilkan saat Ibadat Novena Lingkungan yang rutin dilaksanakan setiap Mei dan Oktober. Timbul kesulitan untuk memilih foto yang akan ditampilkan, karena Gua Maria nampak indah di foto dari dekat, jauh, depan, samping kanan maupun kiri, belum lagi stasi perhentian Ibadat Jalan Salib juga indah dipandang, termasuk pemandangan sekitar sehingga akhirnya diputuskan ditampilkan beberapa foto pilihan lalu diberi teks, bukan hanya nama, tetapi juga informasi terkait lainnya.

Berbagai kemudahan kemudian mulai menghampiri, beberapa teman selingkungan secara spontan membongkar arsip mereka untuk melengkapi kumpulan foto. Ada teman selingkungan yang membantu mencarikan foto dari famili dan kerabat masing-masing sekalipun berada dikota lain. Kemudahan yang semakin hebat adalah ketika kami minta bantuan beberapa tokoh di daerah, dimana ada 7 lokasi Gua Maria yang belum pernah dikunjungi oleh warga lingkungan kami. Begitu kami mendapat kontak mereka, spontan mereka menanggapi secara positif dan langsung mengirimkan foto-foto dengan sarana kiriman kilat sehingga dapat kami terima tidak lebih 7 hari sejak kontak telepon pertama. Beliau-beliau itu adalah: Pastor Paryanto, CM (Paroki St. Maria - Blitar) dan Bpk. Agustinus Kukuh Andri (Ketua Stasi Sendangrejo - Blitar), Bruder Giyanto Maximianus, CDD (Pimpinan Rumah Retret Sawiran - Nongkojajar), Bruder Marcelinus FC (Pimpinan Bruder FC Wonosobo) dan Bpk. Yulius Ratno (Kepala Sekolah SLB Wonosobo), Bpk. Yohanes Wayan Puniastha (Ketua DPP Palasari - Bali), Bpk. Y.Didik Sugiharto (Pimpinan Rumah Khalwat & Manajemen Pengelola Gua Maria Air Sanih - Bali), Sdr. Arya, mahasiswa di Yogyakarta yang 1 minggu setelah memotret Gua Maria Sumberingsih - Bantul, lulus sidang sarjana dan langsung mendapat pekerjaan dan berangkat ke Kalimantan. Ada juga Pastor Kristianto, O.Carm di Batu - Malang, Pastor Rafael Adipramono, OSC di Cigugur, Bpk. Nugroho (Sie Pewartaan Paroki HK Yesus - Ganjuran dan Pengelola GM Sumberingsih) yang bersedia memberikan penjelasan per telepon serta lainnya.

Setelah kumpulan foto tersusun, kami menghadap Pastor Paroki untuk menunjukkan karya kami yang kiranya perlu diteliti dulu sebelum dipublikasikan karena kami anggap penting sekalipun cuma untuk lingkup lingkungan dan dipakai pada kalangan sendiri. Ternyata tanggapannya juga positif, bahkan beliau membuatkan "Kata Pengantar". Bukan hanya itu, pastor paroki kami merekomendasikan agar ditunjukkan juga kepada Bapak Uskup. Hal ini membuat kami bimbang juga, tetapi ternyata Bapak Uskup Bandung menerima dengan ramah empat orang dari kami yang hanya setingkat lingkungan saja. Bahkan beliau meneliti setiap frame foto yang kami perlihatkan serta ada beberapa yang beliau koreksi, lalu saat itu juga beliau menuliskan yang kami sebut "pesan mutiara". Kira-kira 1 jam lebih kami bersama Bapak Uskup serta kami diajak ke kapel di wisma uskup dan diberi kesempatan (dan ditemani) melakukan Adorasi Sakramen Maha Kudus dan beliau minta agar Gua Maria Wisma Uskup juga dimasukkan dalam Slide Show karena terbuka bagi umat. Setelah ada tulisan Bapak Uskup, kami mengadakan nonton bareng di lingkungan, juga Pastor Paroki mengadakan nonton bareng di tingkat paroki untuk mengawali Bulan Maria.

Ada dua orang yang memberikan kesaksian, setelah melihat tayangan slide show tergugah hatinya untuk kembali pergi ke gereja dan berdoa lagi setelah sekian lama tidak ke gereja. Salah satunya adalah pemilik rental proyektor yang kami sewa untuk nonton bareng, dia melihat ketika kami mencoba test infocus di tokonya dan memang dari 6 rental yang kami hubungi per telpon, hanya dia yang mengundang kami untuk test, sementara yang lain hanya mencoba meyakinkan bahwa semua akan berjalan baik.

Beberapa keping DVD tersebut sudah dikirimkan ke Ghana (di Afrika) dan beberapa kota di Vietnam oleh salah satu keluarga warga lingkungan yang mempunyai hubungan baik dengan beberapa misionaris Indonesia yang berkarya di sana. Selain itu kami juga mengirimkan ke Singaraja (Bali), Palasari (Bali), Wonosobo, Malang, Cigugur, Nongkojajar. Beberapa teman selingkungan juga menyebarkannya ke keluarga di berbagai kota di Jawa, Sulawesi, Sumatera dan Kalimantan. Yang semula hanya untuk kegiatan lingkungan ternyata tersebar sampai nun jauh disana. Kabar yang kami terima melalui SMS dan Email, di daerah-daerah diadakan nonton bareng juga, baik tingkat paroki atau stasi

Pengalaman beberapa orang adalah: 1-3 kali nonton pertama untuk menyimak teks (malah kalau perlu di "pause"), selanjutnya akan dinikmati sebagai kenangan (untuk berbagai peristiwa) ketika berziarah, disaat lain ketika akan pergi berlibur dapat dijadikan sumber informasi (ada keluarga-keluarga yang pergi ziarah kelokasi-lokasi yang sebelumnya sering dilewati tetapi tidak tahu ada Gua Maria). Beberapa kesaksian lain adalah bahwa DVD ini digunakan sebagai sarana untuk masuk dalam suasana doa sambil menikmati keindahan gambar dan alunan musik Ave Maria. Beberapa bersaksi mengalami pengalaman rohani, spiritual yang sifatnya personal.

Diatas semua itu, bagi kami semuanya itu adalah karya PENYELENGGARAAN ILAHI, semua terjadi bukan karena karya dan kemampuan beberapa orang diantara kami, tetapi kami sungguh bersyukur karena diberi kesempatan untuk mempersembahkan sesuatu yang mungkin berguna bagi sesama dan kami bersyukur boleh mewujudkan devosi kami kepada Bunda Maria.

Sekilas tentang DVD Video Slide Show yang berdurasi 1 jam dan 23 menit tersebut adalah sebagai berikut:

Berisi 530 frame foto perziarahan, terdiri dari 63 lokasi perziarahan Bunda Maria, sebagian lokasi mempunyai 2 Gua Maria karena dilestarikannya Gua Maria lama walaupun telah dilakukan renovasi atau pembangunan dan pengembangan Gua Maria baru, sehingga didapat 72 Gua Maria. Tentunya ini tidak termasuk Gua Maria 'lama' yang sudah diganti dengan yang 'baru' tetapi tetap sebagian juga ditampilkan sebagai kenangan. Selain perziarahan Bunda Maria juga ditampilkan 2 lokasi perziarahan Tuhan Yesus Kristus, yaitu Candi Hati Kudus Yesus - Ganjuran dan Salib Suci - Gunung Sempu, Bantul.

Sebagai pendahuluan ditampilkan 10 Gua Maria diseputar Bandung yang terdapat di biara-biara, sebagai bahan informasi bahwa umat di kota Bandung yang belum berkesempatan pergi ziarah ke lokasi yang jauh, tetap dapat ber-devosi kepada Bunda Maria. Tentu saja Gua Maria di biara itu bukan untuk rombongan melainkan hanya untuk pribadi atau keluarga dan sekelompok kecil saja. Adapun dimasukkannya beberapa Gua Maria di paroki-paroki khususnya di Jakarta, untuk meng-informasikan bahwa sarana ber-devosi kepada Bunda Maria ada disekitar kita dan inilah yang dilakukan oleh sebagian umat Katolik di Keuskupan Agung Jakarta ketika berziarah Novena (9) Gua Maria dalam sehari.

Susunan atau urutan lokasinya adalah seputar kota Bandung, Ke Jakarta via Puncak, dilanjutkan ke Desa Merapi, Lampung, menelusuri Pulau Jawa lewat jalur tangah dan selatan sampai ke Desa Yeh Sanih - Bali, kembali ke Bandung lewat jalur utara. Memang untuk sementara ini, hanya dibatasi sampai lokasi perziarahan yang relatif mudah dan dapat dijangkau dengan perjalanan darat.

Pada foto-foto itu ditambahkan teks yang berisi nama, letak lokasi, nomor telepon, dan informasi terkait lainnya sehingga diharapkan DVD Video Slide Show ini bukan saja untuk dinikmati sebagai kenangan keindahan Gua Maria atau Perhentian Ibadat Jalan Salib maupun Pemandangan Lokasi Setempat tetapi juga sebagai sumber informasi yang akan pergi berziarah.

Adapun koleksi foto-foto di slide show itu sebagian besar adalah dari perjalanan ziarah lingkungan kami sejak tahun 1990 s/d 2008, beberapa dari ziarah pribadi warga lingkungan sejak 1985 s/d 2009 dan 7 lokasi berasal dari bantuan kiriman foto tokoh setempat. Perlu juga disampaikan bahwa di awal slide show terdapat "Kata Pengantar" dari Pastor Paroki St.Martinus - Bandung dan "Pesan Mutiara" dari Uskup Bandung, Mgr. Johannes Pujasumarta, Pr yang telah mencermati seluruh isi slide show tersebut.

Puji Syukur kepada Tuhan Yesus Kristus dan Terima kasih kepada Bunda Maria, sebagian umat Paroki St. Martinus - Bandung telah mengawali Bulan Maria (Mei 2009) dengan 'nonton bareng' slide show ini di aula Bina Iman pada tanggal 02 Mei 2009.

Per Mariam Ad Yesum
Maureen - Bandung



copyright April 2005 - www.guamaria.com