www.guamaria.com
sumber informasi tentang gua Maria di Indonesia

Halaman utama    
Sabtu, 3 Oktober, 2009 11:37
Ziarah dilibur Lebaran 2009
oleh Admin

Hari libur Lebaran 2009 kami manfaatkan juga untuk pergi berziarah sekeluarga kebeberapa Gua Maria yang berada di Jawa Tengah, kisah ringkasnya adalah sebagai berikut:

GUA MARIA NGALIYAN - SEMARANG
Perjalanan diawali dari Bandung menuju Semarang, sebelum memasuki kota Semarang, kami singgah ke Gua Maria Ngaliyan yang berada di kompleks Panti Asuhan Wikrama Putra dan Gereja Stasi Santo Henricus yang berlokasi di Jalan Wismasari Selatan No. 5, Telp 024 7600450, Ngaliyan - Semarang. Akses menuju Gua Maria ini cukup mudah, dari arah Kendal ~ sebelum simpang tiga jalan tol Semarang akan ada simpang tiga dengan "traffic light" kearah kanan menuju Ngaliyan, setelah melewati kantor Kecamatan Ngaliyan, belok kiri masuk jalan Wismasari Raya, dan pada belokan pertama arah kanan sudah nampak Kompleks Wikrama Putra. Gua Maria yang berada dihalaman belakang dengan pepohonan yang rindang memberikan kesempatan berdoa dengan tenang dan khidmat.

GUA MARIA PAROKI TANAH MAS - SEMARANG
Sore hari, kami telepon ke Paroki Hati Kudus - Tanah Mas, di Jalan Kokrosono Kav. 41 - 42, Telp 024 3516075, Semarang untuk menjumpai Romo Florentius Hartanto, Pr yang berasal dari Sendangsono ~ ternyata di kompleks Pastoran / Gereja Paroki Tanah Mas ini juga terdapat Gua Maria yang tertata indah asri, lengkap dengan Salib Yesus yang besar dan bernuansa doa yang hening dan kami juga sempat mendengar cerita pengalaman spiritual pribadi dari penjaga malam kompleks ini.

GUA MARIA KEREP - AMBARAWA
Dalam perjalanan dari Semarang ke Yogyakarta, kami singgah di Gua Maria Kerep - disini peziarah dari berbagai kota memenuhi area perziarahan, mulai dari Taman Doa - Gua Maria - Kapel Adorasi Abadi sampai area sekitar penjual benda-benda rohani dan makanan, namun demikian, suasana doa yang khidmat tetap dapat dirasakan diperziarahan ini.

GUA MARIA PONGGOL - KALIURANG, YOGYAKARTA
images1Gua Maria ini berada dihalaman belakang Gereja Stasi Santo Ignatius, Ponggol - area ini dibangun oleh Almarhum Romo Tan Soe Ie, SJ yang tinggal disini mengisi masa pensiun beliau sambil mengembangkan produksi pupuk organik dari cacing. Diatas Gua Maria tertulis "Sub Tutela Matris = Dibawah Perlindungan Bunda (Maria)", patung Bunda Maria menggendong Kanak-kanak Yesus terbuat dari batu alam dan dibawah gua mengalir air yang berasal dari sumber air, lokasi pedesaan yang terpencil dan hening ini menunjang suasana doa yang khidmat. Akses menuju lokasi ini adalah dari Yogyakarta ke Kaliurang, +/- 5 km menjelang Kaliurang, belok kiri dengan ciri-ciri: sebelah kanan terdapat Wisma Bethesda dan sebelah kiri terdapat kompleks "Disaster Oasis", setelah mencapai pertigaan (jalan membentuk huruf T) mengambil arah kiri, beberapa meter ada petunjuk kekanan "Gereja St.Ignatius-Ponggol", untuk kelancaran ziarah sebaiknya terlebih dahulu menghubungi Bapak Alimin Paulus di nomor telepon 0274 898065 selaku salah satu pengurus gereja setempat yang tinggal beberapa meter dari gereja.

SUMUR "MARIA" KITIRAN MAS - PAKEM, YOGYAKARTA
Lokasi perziarahan unik di Gereja Paroki Santa Maria Assumpta ini sudah sangat dikenal dan mudah dicapai karena berada di jalan raya Yogyakarta - Kaliurang. Kami juga berjumpa dengan beberapa keluarga yang berasal dari berbagai kota yang sedang berdoa disini.

GUA MARIA RATU ROSARIO SUMBERINGSIH - KANUTAN, BANTUL
images2Dalam perjalanan Yogyakarta ke Bandung lewat jalur selatan, kami singgah ke Gua Maria yang berada sangat dekat dengan Candi Hati Kudus Yesus Ganjuran. Aksesnya adalah jalan raya Bantul - Pantai Samas, sebelum belokan kekiri arah Ganjuran akan terdapat belokan kekanan - arah Kanutan, jalan ini bisa dilewati mobil pribadi, tidak jauh akan ada SD Kanisius - Kanutan dan Gua Maria Sumberingsih yang bernuansa doa khidmat ini berada dibelakang SD Kanisius Kanutan. Area Gua Maria ini merupakan tanah pemberian dari warga setempat, dan didepan Gua terdapat bangunan / pendopo yang digunakan untuk pertemuan / kegiatan umat wilayah Kanutan. Untuk kelancaran ziarah berombongan, sebaiknya memberitahukan terlebih dahulu kepada salah seorang pengurus setempat, Bapak Nugroho di telepon 081578502622, untuk diketahui karena beliau adalah seorang guru, maka hubungan telepon dilakukan setelah jam 14.00 wib.

GUA MARIA SD KANISIUS - KANUTAN, BANTUL
Rupanya dihalaman SD Kanisius, Kanutan ini-pun terdapat Gua Maria yang tidak terlalu besar, tanpa komentar panjang lebar, jangan dilewatkan untuk berkunjung dan nikmati suasana disini.

CANDI HATI KUDUS YESUS - GANJURAN
Per Mariam Ad Yesum ~ Melalui Bunda Maria kita dihantar kepada Tuhan Yesus, maka untuk melengkapi perziarahan kepada Bunda Maria, kami tentu tidak melewatkan berziarah ke Candi Hati Kudus Tuhan Yesus - Ganjuran. Gedung gereja yang porakporanda akibat gempa bumi Mei 2006 yang lalu telah dibangun kembali dengan megah dan telah diresmikan oleh Uskup Agung Semarang, Mgr. Ign.Suharyo, Pr pada 23 Agustus 2009. Bangunan baru berbentuk joglo dan merupakan ruang terbuka dipenuhi dengan ornamen yang indah, arah bangunan gereja baru ini kini menjadi searah dengan candi.

Per Mariam Ad Yesum,
Maureen - Bandung



copyright April 2005 - www.guamaria.com