www.guamaria.com
sumber informasi tentang gua Maria di Indonesia

Halaman utama    
Rabu, 2 Desember, 2009 10:26
Gua Maria Bukit Kanada
oleh Admin

Gua Maria Bukit Kanada terletak di Rangkasbitung, propinsi Banten. Kalau cuma menilik namanya tentu orang bertanya-tanya apa hubungan dengan negara Kanada yag terletak di sebelah utara Amerika?

images1Ternyata tidak ada hubungannya sama sekali dengan negara Kanada karena itu merupakan kependekan dari KAmpung NArimbang DAlam yaitu kampung/desa lokasi gua Maria ini terletak. Sejarah pengembangan gua Maria ini berawal dari tahun 1988 dimana dengan dukungan dari Pimpinan Kongregasi Suster-suster Fransiscan Sukabumi di Rangkasbitung memberikan sebidang tanah dilingkungan SPK Misi Lebak Rangkasbitung yang dianggap memenuhi syarat sebagai Gua Maria. Pada tanggal 1 Mei 1988 Pastor Paroki meletakan batu pertama sebagai langkah awal pembangunan Gua Maria. Pembangunan Gua Maria itu selesai tepat pada tanggal 15 Agustus 1988, yaitu Hari Raya Maria diangkat ke Surga, bertepatan dengan penutupan Tahun Maria. Gua Maria ini lalu diberkati oleh Mgr. Ign. Harsono, Pr. yang sekaligus menjadikan tempat ini sebagai tempat ziarah pertama di tanah Banten. Sebuah kenangan manis yang penuh sejarah dan tercipta atas usaha keras serta kehendak yang kuat dari umat Paroki Rangkasbitung di era 1988. Saat ini letak gua Maria ini menjadi satu dengan Akademi Keperawatan (Akper) Yatna Yuana Rangkasbitung, dimana bagian depannya merupakan gedung Akper sedang tanah dibagian belakang dibangun gua Maria sedang jalan disamping gedung merupakan lokasi jalan Salib.

images2Kami mengunjungi gua Maria ini pada libur Lebaran 2009 bulan September lalu. Kalau dari Jakarta naik mobil anda bisa lewat tol ke arah Merak tetapi keluar di Ciujung lalu menuju ke Rangkasbitung. Jalan menuju Rangkasbitung sebetulnya cukup mulus akan tetapi saat itu pada beberapa tempat diganggu perbaikan jalan serta jalan rusak disana-sini sehingga waktu tempuh yang seharusnya cuma 45 menit menjadi molor 90 menit. Gua Marianya sebenarnya terletak di jalan mengarah keluar kota dari Rangkasbitung yaitu jalan yang menuju ke arah Bogor (jl. Raya Cipanas). Disitus guamaria.com waktu itu tertulis Jl. Raya Cipanas km.2 tetapi ini mungkin alamat zaman dulu dan sekarang berganti nama jadi Jl. Jend. Sudirman Km.2 dimana Km.3-nya baru bernama jl. Raya Cipanas sehingga hal ini menyebabkan kami tersasar sebentar. Jika anda bertanya ke orang sekitar tidak ada yang tahu dimana gua Maria akan tetapi jika bertanya tentang SPK Misi atau Akper mereka akan menunjukan jalan. Jadi dari jalan raya Rangkasbitung (dari Ciujung) langsung ambil ke jalan Soetami terus ke Sudirman tidak perlu masuk ke kota Rangkasbitungnya. Kalau anda punya GPS tinggal di set saja lokasinya: S621'4.6" E10616'12.3" sehingga tidak bakalan kesasar. Untuk itu jika anda perhatikan pada beberapa alamat lokasi gua Maria yang kami perbaharui secara rutin sekarang juga dibubuhi koordinat GPS untuk memudahkan anda.

Nama Akper Yatna Yuana terpampang jelas dipinggir jalan Sudirman tersebut, tidak jauh dari pintu masuk ada petunjuk ke Gua Maria (lewat kiri). Petujuknya cukup besar menyita perhatian sehingga petujuk disebelah kanan (ke jalan salib) bagi orang yang baru pertama kali datang kesitu akan terlewatkan. Akibatnya kami kebingungan masuk sampai kedalam sekolah tersebut mencari lokasi jalan Salib dan karena libur panjang maka tidak ada manusia yang bisa ditanya di komplek sekolah tersebut sehingga mengakibatkan kami kesasar sampai jauh kedalam sekolah. Rupanya jalan ke lokasi jalan Salib ada disamping gedung dan petunjuknya juga ada didepan gedung tetapi kecil sehingga gampang diabaikan oleh orang yang baru pertama kesitu. Tempat parkirnya cukup besar, dari tempat parkir anda bisa langsung menuju ke gua Maria. Lingkungannya masih sedang dalam renovasi karena waktu itu ada beberapa pekerja masih melakukan perbaikan lingkungan disana-sini. Udara disitu cukup nyaman karena masih banyak pohon-pohon besar serta dikelilingi oleh hutan-hutan kecil, rupanya disekitar situ lingkungannya masih belum begitu berkembang dan ini sungguh menguntungkan. Gua Marianya cukup unik dengan dekorasi batu karang, keunikan tambahan adalah ada pintu kecil disamping gua Maria yang menuju ruang kecil untuk berdoa pribadi, nah dari ruang tersebut patung Maria akan tampak dari samping lewat lubang di temboknya. Disamping gua Maria ada tangga yang menuju keatas ke jalan Salib, tentu saja itu menuju ke perhentian terakhir.

Pelataran didepan gua Maria cukup besar, juga pelataran disampingnya yang bisa dipakai untuk berbagai upacara gereja. Di pelataran luar tersedia beberapa tempat istirahat berbentuk saung-saung kecil yang cukup nyaman untuk tempat berteduh sementara. Lokasi jalan Salib ada dijalan samping gedung Akper, jalan Salibnya memutar komplek Akper tersebut. Lingkungannya cukup nyaman dengan banyak pohon rindang dan dikelilingi hutan kecil yang masih luas. Jalan tanahnya lumayan panjang dengan setiap perhentian jalan Salib yang cukup lapang. Perhentian ke 12 diletakan pada lokasi lebih tinggi dengan perlataran yang cukup besar. Sedang dari perhentian terakhir anda bisa turun tangga langsung menuju ke gua Maria. Secara keseluruhan gua Maria Bukit Kanada sangat memadai sebagai tempat ziarah yang pantas dikunjungi, apalagi jika anda mungkin melakukan ziarek (ziarah sambil rekreasi) yang menjadi tren belakangan ini karena dari Rangkasbitung sudah dekat kelokasi wisata laut Anyer atau Carita.



copyright April 2005 - www.guamaria.com