www.guamaria.com
sumber informasi tentang gua Maria di Indonesia

Halaman utama    
Senin, 1 Oktober, 2012 13:54
Oben, wisata alam dan religius
oleh Admin

images1Umat Kristiani khususnya Katolik di Kota Kupang yang ingin mengadakan wisata rohani pada umumnya akan memilih Larantuka, Bitauni atau bagi yang mampu akan memilih Timur Tengah, Fatima (Portugal), atau Lourdes (Perancis). Namun di Wilayah Kabupaten Kupang yang tidak jauh dari Kota Kupang, ada kawasan taman doa yang tidak kalah indah bagi mereka yang menyukai keunikan alam maupun bagi orang2 yang ingin khusyuk beribadah.

Sekitar 15 Kilometer ke arah selatan, menyusuri jalan HR Koroh lalu belok kanan di samping kantor desa Oben dan melewati pemancar TVRI maka setelah 3 Km jalan berbatu (terakhir saya ke sana tahun 2008) maka akan sampai ke sana.

Konon kabarnya di tempat ini pernah terjadi penampakan Yesus disalib sehingga tepat di tempat tersebut didirikan salib. Sekarang tempat ini ditambah beberapa gua dan patung untuk memperindah taman doa. Terdapat semacam papan yang tertutup kaca yang dulunya berisi foto dan catatan tentang penampakan dan sejarah dibangunnya tempat ini, namun sayang saat terakhir saya ke saya, foto dan catatan tersebut telah rusak.

Bagi yang memiliki hobi geologi, tempat ini cukup unik untuk dikaji. Keunikannya adalah tanah yang labil yang membentang yang seolah menjadi pembatas kecamatan Amarasi dengan wilayah lain di kabupaten Kupang. Ada juga sejumlah materi kristal berwarna hitam dan putih dari balik pecahan tanah yang labil tersebut.

Untuk dapat sampai ke sana dapat dicapai dalam 20 menit dari Kupang. Bagi yang tidak punya kendaraan sendiri dapat menggunakan angkutan Kupang-Baun lalu turun di depan kantor desa Oben dan dilanjutkan dengan ojek sepeda motor.

http://nurdhienln.wordpress.com/2012/06/06/oben-wisata-alam-dan-religius/



copyright April 2005 - www.guamaria.com