www.guamaria.com
sumber informasi tentang gua Maria di Indonesia

Halaman utama    
Senin, 19 Juli, 2010 17:11
Lokasi ziarah dengan koordinat GPS 2
oleh Admin

Berikut cara memanfaatkan koordinat GPS untuk mencari jalan menuju lokasi ziarah bagi yang masih asing dengan lokasinya.

Pertama kali buka google maps pada alamat http://maps.google.com lalu tinggal copy lokasi gps yang ada dapat pada halaman http://www.guamaria.com/lokasiguamaria.html misalnya: S750'01.5" E11156'57.9" (Poh Sarang) lalu paste kekolom isian "search maps" lalu klik "search maps" maka Google akan menampilkan lokasi koordinat tersebut pada peta. Anda tinggal melakukan zoom untuk memperjelas peta jalan atau mencari jalan raya terdekat yang mengarah ke lokasi tersebut. Peta google ini lumayan detil apalagi untuk daerah Jawa dan Bali, lokasi-lokasi bahkan yang terpencil tergambar dengan detil jelas. Untuk mencapainya pertama tentu di zoom jauh untuk melihat kota besar terdekat, yang dalam contoh ini adalah kota Kediri lalu lihat dipeta itu dengan zoom dekat arah mana Poh Sarang dapat dicapai, dari peta itu bisa lihat bahwa Poh Sarang terletak disebelah barat Kediri lewat jalan yang menuju ke desa Semen lalu Kedak. Anda tinggal mencatat nama jalan atau arahnya atau lebih gampang jika di print saja peta tersebut. Jika anda punya GPS tentu tinggal di set saja koordinat tersebut lalu set tujuan ke lokasi tersebut. Jika tidak punya GPS, dengan peta tersebut anda bisa mengira-ngira arah jalan mana harus diambil.

Perhatikan bahwa peta google ataupun peta manapun tidak ada yang 100% akurat, untuk jalan-jalan dikota besar keakuratannya bisa diatas 90% tetapi jika dikota kecil atau daerah terpencil tentu keakuratannya kurang dari itu bahkan kadang cuma daerah kosong saja yang ditunjuk oleh koordinat tersebut. Dengan demikian anda harus cermat karena sering nama suatu daerah atau jalan beda dengan aslinya, ini sering terjadi didaerah terpecil. Untuk mengkonfirmasi lokasi tersebut anda bisa dipergunakan tampilan dari satelit di google maps. Coba klik "Satellite" pada google map atau "Earth" maka akan terlihat jelas kompleks gereja Poh Sarang tersebut bahkan ada bus yang parkir didepannya menandakan bahwa jalan tersebut cukup besar untuk dilalui kendaraan besar. Jika anda menggunakan aplikasi google earth bahkan akan terlihat foto buatan user yang di attach ke lokasi tersebut. Aplikasi google earth ini harus di install ke komputer anda dan memerlukan sambungan internet sangat cepat untuk dapat menikmati tampilannya. Koordinat gps tersebut juga dapat dimasukkan lewat google earth hanya bedanya di google earth tampilan peta tidak ada.

Dibeberapa lokasi gps yang tercantum, kami juga mencantumkan lokasi "akses jalan" yaitu lokasi jalan masuk atau jalan raya terdekat yang biasa diakses orang menuju lokasi gua Maria. Ini dicantumkan karena pada beberapa lokasi, google map hanya menunjuk ke lokasi kosong atau sering lokasi tanpa nama jalan yang jalannya berliku jauh dari jalan besar dan jika anda melihatnya lewat satellite maka lokasi tersebut sering berada ditengah "hutan" atau daerah antah berantah. Untuk itu periksa juga lokasi "akses jalan" untuk mencari lokasi akses masuk menuju lokasi gua Maria yang dituju, jangan lupa juga konfirmasikan lewat google earth.

Anda sebaiknya memakai google maps untuk menentukan lokasi jalan atau bisa juga aplikasi mapping betulan seperti Garmin Mapsource yang sangat akurat (jika anda memiliki peta yang sesuai). Mencari lokasi jalan terdekat lewat peta dari aplikasi gps bawaan hp anda adalah tidak dianjurkan karena kecilnya tampilan sehingga tampilan peta tidak maksimal dalam artinya anda tidak bisa dengan mudah melihat lokasi daerah atau jalan yang berdekatan dengan leluasa karena kecilnya tampilan layar hp. Setelah lokasinya ketemu dan akses jalannya juga ditentukan maka anda dapat memplotnya di hp anda, cara ini lebih mudah dan efektif ketimbang melihat atau mencari-cari dipeta yang aslinya sangat besar lalu dikecilkan sampai maksimal oleh layar hp anda.

Untuk diketahui juga bahwa tampilan dari Satelit sering beda dengan kenyataan, sering tempat yang anda bayangkan beda dengan aslinya karena memang gambar dari satelit tersebut mungkin diambil beberapa tahun lalu yang keadaaanya bisa berbeda dengan keadaan saat anda mengunjungi. Tampilan dari satelit itu kadang bisa menipu karena tidak begitu jelas sehingga anda bisa salah mengambil kesimpulan. Tampilan yang lebih akurat sebenarnya adalah tampilan peta (google maps) karena peta jalan biasanya tidak berubah bahkan selama puluhan tahun jadi lebih akurat jika mengambil jalan berdasar pada peta jalan. Jika anda menggunakan gps maka anda tidak begitu kesulitan karena gps biasanya menunjuk arah jalan cukup akurat bahkan untuk gps dengan fungsi minimalis seperti gps yang dipasang di hp mutahir.



copyright April 2005 - www.guamaria.com